5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

By | September 21, 2018

5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

5 jenis menu sarapan yang baik untuk penderita asam lambung

5 jenis menu sarapan yang baik untuk penderita asam lambung

5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung – Bagi anda yang sedang menderita penyakit asam lambung atau GERD. Memilah-milih jenis sarapan menjadi sangat penting dan cukup membingungkan.

Karena jika anda salah memilih menu sarapan bisa membuat asam lambung meningkat dan GERD pun kambuh. Maka dari untuk mengetahui jenis sarapan yang baik, semak selengkapnya disini.

Ada beberapa makanan yang bisa memicu terjadinya GERD seperti makanan berlemak, cokelat, makanan pedas, buah asam, tomat, bawang bombay dan bawang putih.

Ketika menderita penyakit asam lambung anda akan merasakan beberapa gejala seperti mual, muntah, kembung, perut panas atau makanan kembali naik ke kerongkongan (refluks).

Tapi efek dari setiap makanan juga akan berbeda pada setiap orang, maka untuk mengontrol gejala yang mungkin muncul. Cobalah untul lebih memperhatikan menu sarapan apa saja yang bisa menjadi pemicu GERD.  5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Pada saat anda menderita penyakit asam lambung, jangan sekali-kali melewatkan sarapan, karena kondisi lambung yang kosong kurang lebih 8 jam ketika sedang tidur dimalam hari.

Jika di pagi harinya tidak sarapan, maka akan meningkatkan risiko lambung rusak, akibat terkikisnya oleh cairan lambung yang terus di produksi.

Pola sarapan pagi yang sehat

Tidak hanya bubur sebagai pola sarapan pagi ketika menderita asam lambung. Anda juga bisa mencoba sarapan dengan nasi merah yang dilengkapi dengan capcay serta omelet telur untuk meningkatkan selera makan.

Namun anda tidak boleh menambahkan lada atau bumbu rempah liannya pada omelet. Karena lada merupakan salah satu bumbu rempah yang bisa menyebabkan reaksi lambung secara berlebih.

Bagi anda yang sudah terbiasa meminum kopi di pagi hari, sebaiknya hindari dulu. Lebih baik anda menggantinya dengan mengonsumsi roti gandum atau kue kaya serat bersama teh hangat.

Apabila anda ingin mengonsumsi buah-buahan, maka buah yang paling tepat untuk penderita asam lambung ialah pisang. 5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Karena didalam pisang terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi dan potasium, kandungan kalium bermanfaat untuk menyeimbangkan PH ( derajat keasaman) di dalam lambung.

Namun jika pertama kali anda makan pisang dan merasakan perut tidak nyaman, sebaiknya hentikan memakan buah pisang.

  1. Roti

Roti bisa dijadikan sebagai sarapan yang tepat ketika anda menderita asam lambung. Namun anda harus memilih roti yang memiliki kandungan gandum atau ragam biji-bijian didalamnya.

Karena roti jenis ini memiliki banyak kandungan seperti vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh dan kesehatan lambung.

2. Daging tanpa lemak

Pada umumnya penderita asam lambung sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak.

Maka dari itu jika anda ingin mengonsumsi ikan, makanan laut atau daging, pilihlah yang tanpa lemak, tanpa kulit, dan diolah dengan cara di panggang, direbus, kukus, atau di bakar.  5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

3. Oatmeal

Anda yang sedang menderita penyakit asam lambung sangat memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala yang ditimbulkan oleh naiknya asam lambung.

Salah satu makanan yang baik ialah oatmeal karena bisa menyerap asam lambung sehingga bisa menurunkan gejala refluks. Tidak hanya itu oatmeal juga akan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

4. Sayuran hijau

Menu sarapan selanjutnya yang baik ialah sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus.

Karena didalam sayuran tersebut terdapat kandungan alami yang di percaya bisa menurunkan asam lambung. Maka dari itu konsumsilah sayuran tersebut secara rutin dan teratur sebagai menu sarapan anda. 5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

5. Lidah buaya

Didalam lidah buaya terdapat kandungan yang berperan sebagai penyembuh alami, lidah buaya juga diyakini bisa menyembuhkan penyakit asam lambung.

Tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai minuman. lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai cairan penggumpal serta pengental.

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

# Makanan yang mengandung banyak gas

Hindarilah makanan yang banyak mengandung gas ketika anda sedang menderita penyakit asam lambung.

Karena jika anda mengonsumsinya bisa menyebabkan asam di dalam lambung menjadi naik. Berikut ini ialah makanan yang banyak mengandung gas diantaranya ialah sawi, kol, nangka dan buah pisang ambon.  5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

# Makanan pedas

Terlalu sering mengonsumsi makanan pedas biasanya akan menyebabkan iritasi lambung. Tidak hanya itu makanan yang pedas juga bisa membuat lambung anda menjadi tidak nyaman.

Maka dari itu hindarilah mengonsumsi makanan seperti cabai, sambel, saus tomat dan makanan yang mengandung merica berlebih.

# Makanan asam

Makanan asam seperti cuka, asinan, acar, dan buah asam memiliki kandungan acid reflux yang bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut.

Biasanya makanan asam dapat memicu refluks asam dan juga bisa memperburuk sakit maag.

Kadar keasaman dengan batas tertentu tidak bisa ditoleransi oleh lambung sehingga cairan didalam lambung meningkat setelah mengonsumsi makanan asam.  5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

# Jenis kue yang harus di hindari

Anda yang menderita asam lambung juga harus menghindari beberapa jenis kue. hal ini dikarenkaan ada jenis kue yang sulit untuk dicerna oleh lambung seperti kue cokelat, kue tar dengan banyak krim, keu keju, dan kue pisang.

Sehingga lambung akan terlambat untuk emngosongkan isisnya. Jika pengosongan pada lambung terlambat maka akan mmebuat lambuk mempunyai peregangan yang meningkat dan akhirnya akan menaikan kadar asam lambung dengan cepat.

# Makanan yang mengandung alkohol

Penderita asam lambung juga harus menghindar makanan dan minuman yang mengandung alkohol. Karena makanan yang mengandung alkohol memiliki gas yang banyak dan juga bisa mempercepat asam lambung menjadi naik.

Biasanya makanan yang mengandung alkohol di proses melalui fermentasi seperti tape singkong, tape ketan, manisan buah dan manisan sayuran.  5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

# Makanan berminyak dan berlemak

Makanan selanjutnya yang harus anda hindari ketika menderita penyakit asam lambung ialah makanan berminyak dan berlemak.

Kandungan lemak dan meinyak pada makanan bisa mengiritasi lambung, untuk itu anda harus menjauhi mengonsumsi makanan seperti gorengan, jeroan hewan, dan sayur tumis.

# Makanan keras dan sulit di cerna

Anda yang menderita asam lambung jangan sekali-kali mengonsumsi maanan yang memiliki tekstur keras. 5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Karena makanan yang keras bisa melukai lambung serta akan meningkatkan asam lambung. Anda juga bisa membayangkan,

lambung yang terluka jika diisi dengan makanan keras atau kasar bisa mengenai luka lambung dan akan menimbulkan rasa sakit.

Dan di bawah ini adalah bebrapa makanan yang memiliki tektur keras diantaranya sebagai berikut:

  • Jika anda menderita asam lambung yang kambuh maka hindarilah memakan nasi, tapi nasi yang telah dihaluskan seperti bubur bisa anda konsumsi.
  • Selain nasi anda juga harus menghindar makan talas karena memiliki tekstur yang keras dan mempunyai banyak serat sehingga akan menghambat kinerja lambung.
  • Walaupun dodol memliki tekstur yang halus, tapi sifatnya yang alot membuat dodol menjadi susah dicerna oleh lambung secara cepat.
  • Makanan selanjutnya yang tidak boleh anda konsumsi ketika menderita asam lambung ialah beras ketan karena bisa membuat lambung tidak bisa mencernanya. Jika anda mengonsumsi beras ketan maka akan merasakan perih pada lambung.

# Daging merah

Penderita asam lambung juga harus menghindari mengonsumsi daging merah, karena didalam daging merah terdapat kandungan lemak trans.

Meskipun dengan cara di panggang daging merah ini tidak boleh masuk ke lambung anda, karena akan memberikan efek panas dari dagng itu dan akan mengiritasi lambung.

Minuman yang harus dihindari penderita asam lambung

# Kopi

Tidak hanya makanan anda juga harus menghindari beberpa minuman ketika menderita asam lambung salah satunya ialah kopi. 5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Hal ini dikarenkaan kopi dapat membuat lambung menghasilkan cairan asam yang berlebihan sehingga akan meningkatkan asam lambung.

Didalam kopi terdapat kandungan kafein yang diyakini bisa membuat asam lambung menjadi naik. Jika anda mengonsumsi kopi maka akan merasakan perih pada lambung.

# Soda dan alkohol

Soda dan alkohol merupakan salah sadua minuman yang didalamnya terdapat kandungan karbonisasi.

Hampir mirip dengan makanan yang mengandung gas, minuman yang memiliki kandungan karbopnisasi dan alkohol juga bisa menyebabkan asam lambung menjadi meningkat karena gasnya yang berlebihan.

Cara alami untuk menurunkan asam lambung

  • Minum susu rendah lemak

Salah satu cara sederhana yang bisa anda coba ketika kadar asam naik tapi tidak terlalu tinggi ialah dengan minum susu rendah lemak.

Tapi anda harus memilih susu yang rendah akan lemak karean dikhawatirkan lemak bisa membuat kandungan asam meningkat. 5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Tidak hanya itu susu juga tergolong dalam minuman alkali yang bisa membuat perut menjadi lebih nyaman dan membantu PH tubuh alami sehingga bisa membuat penyebaran asam dalam perut menjadi lebih rendah.

  • Manisan jahe

Anda juga bisa mengonsumsi manisan jahe yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan asam lemak dengan cara yang sangat alami.

Pada umumnya jahe ini digunakan sebagai herbal atau obat alami untuk mengatasi mual dan muntah. Didalam jahe terdapay senyawa yang bernama gingerol yang akan bekerja untuk membuat lambung dan perut menjadi lebih nyaman.

Anda juga bisa memkaan manisan jehe ini secara langsung atau merendam manisan jahe dengan air panas lalu meminum airnya saat masih hangat.

Walpaun jahe ini memiliki rasa yang sedikit pedas namun sangat aman untuk lambung.

  • Manisan apel organik

Tidak hanya manisan jahe anda juga bisa mencoba manisa apel organik untuk menyembuhkan asam lambung.

Memang apel memiliki sidikit rasa yang asam, tapi justru rasa asam inilah yang akan membantu produksi asam lambung menjadi terkendali.

Tapi jika asam lambung sudah stabil atau tidak lagi terasa sakit maka jangan terlalu banyak atau batasi mengonsumsi apel oprganik.  5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

  • Makan buah yang menangkan lambung

Biasanya orang yang menderita asam lambung akan menghindari beberapa jenis buah. Tapi ketika anda dapat memilih buah yang baik untuk lambung maka kadar asam lambung pun akan menurun.

Mkaa dari itu anda bisa mengonusmsi buah seperti apel, melon dan semangka, karena didalamnya terdapat kandungan nutrisi termasuk cairan yang banyak dan serat.

Bahkan tidak hanya menurunkan asam lambung, buah ini juga bisa membuat perut menjadi tidak terlalu sakit.  5 Jenis Menu Sarapan Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

 

post by: obatpengapurantulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *