Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

By | Agustus 28, 2018

Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

olahraga untuk pengapuran tulang

olahraga untuk pengapuran tulang

Olahraga Untuk Pengapuran Tulang – Olahraga sangatlah bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya ialah tulang. Namun anda harus mengurangi intensitas olahraga ketika sakit karena tubuh membutuhkan istirahat.

Selain itu kondisi-kondisi tertentu mengharuskan anda untuk memilih jenis oleharag yang boleh dan tidak boleh untuk di lakukan.

Seperti ketika anda menderita pengapuran tulang, olahraga yang tidak tepat akan memperburuk pengapuran yang sedang di alami  seperti melompat atau olahraga yang mengharuskan menekuk sendi yang mengalami pengapuran. Sehingga olaharag yang tidak tepay akan menyebabkan pengapuran tulang menjadi lebih parah. Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

Olahraga tepat untuk pengapuran tulang

Strengthening (Penguatan)

Strengthening atau penguatan merupakan salah stau olahraga yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan otot. Olahraga ini bertujuan supaya otot mampu untuk menopang tubuh dan tulang serta melindungi setiap sendi di dalam tubuh anda.

Olahraga ini sangat di sarankan untuk anda lakukan terutama yang menderita pengapuran sendi lutut, sehingga melatih otot quadriceps menjadi pilihan tepat.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang menderita pengapuran tulang, setelah menjalani olahraga ini selama 8 minggu merasakan hasil yang baik yaitu rasa nyeri yang berkurang. Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

Untuk melatih otot quedriceps sangatlah mudah, yaitu dengan posisi awal duduk kemudian naik dan turunkan kaki bagian bawah dan ulangilah gerakan tersebut selama 20 kali dan lakukan dalam satu sampai 4 kali.

Aerobik (endurance)

Aerobik merupakan olahraga yang sangat bermanfaat untuk kesehtaan tubuh karena bisa meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Selain itu aerobik juga bisa mengurangi rasa lelah dan meningkatkan stamina serta membantu menjaga berat badan.

Sehingga bagi anda yang sedang ingin menurunkan berat badan bisa menggunakan olahraga ini. Jika anda mempunyai berat badan yang ideal maka akan mengurangi beban tulang dalam menopang berat badan. Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

Apaliga jika anda sudah mengalami pengapuran tulang, maka dari itu jagalah beban tulang kamu supaya tidak terlalu berat. Dan dibawah ini adalah bebrapa olahraga yang masih tergolong erobik yang bisa anda lakukan untuk menguatkan tulang diantaranya sebagai berikut:

– Renang

Renang merupakan salah satu olahraga yang bisa membuat lutut melepaskan stress karena terbebas dari fungsi utmanya yaitu menopang berat badan. Selain itu olahraga renang juga akan membuat seluruh bagian tubuh bergerak.

Namun anda harus tetap memperhatikan gaya yang akan di lakukan ketika renang. Misalnya anda menderita pebngapuran lutut, maka harus menghindari gaya-gaya renang yang mengharuskan lutut untuk bergerak dengan cepat seperti gaya dada. Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

Jika anda memilih gaya renang yang tepat maka menyehatkan badan dengan berenang serta bisa membuat pengapuran tulang tidak semakin parah.

Bahkan olahraga renang ini membantu proses pembentukan tulang pada manusia sehingga renang di percaya sebagai salah satu cara untuk memanjangkan kaki.

– Bersepeda

Olahraga lainnya yang bisa anda lakukan ketika menderita pengapuran tulang ialah bersepeda. Hal ini dikarenakan bersepeda tidak akan memberikan tekanan berlebih pada bagian tubuh yang bergerak.

Sehingga bersepeda bisa anda lakukan untuk menyehatkan tulang tanpa membahayakan. Bersepeda juga tidak akan meningkatkan kadar sress tulang. Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

Namun ketika melakukan olahraga ini anda harus memperhatikan jalan yang akan di lalui yaitu pilihlah jalan yang landai, tidak terlalu menanjak dan bukan turunan yang curam. Apabila anda memilih menggunakan sepeda yang statis, maka aturlah speda anda untuk memiliki level kemiringan yang rendah.

– Berjalan kaki

Jika anda menalami pengapuran tulang di bagian kaki maka pilihlah olahraga jalan kaki yang bisa menyehatkan tubuh anda. Berjalan kaki tidak akan memberikan tekanan yang berlebih sehingga sangat baik untuk anda lakukan dan tidak akan memperparah pengapuran tulang.

Namun jika anda memilih untuk melakukan olahraga lari maka hal tersebut akan menimbulkan tekaan yang kuat pada tulang terutama bagian lutut sehingga akan lebih parah.  Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

– Range of motion (Fleksibilitas)

Range of motion merupakan kemampuan setiap sendi dan tulang untuk bergerak sesuai dengan fungsinya. Apabila anda mengalami pengapuran tulang maka kemampuan tersebut akan berkurang karena adanya rasa nyeri dan kaku.

Maka dari itu anda harus melakukan gerakan yang bisa meningkatkan fleksibilitas gerakan tulang dan sendi kamu seperti streching atau peregangan otot dan lakukanlah gerakan ini setiap harinya. Anda juga bisa melakukan peregangan ini pada waktu pagi dan sore hari atau ketika anda berada dalam satu posisi yang lama. Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

Tidak hanya itu anda juga bisa melakukan olahraga tai-chi untuk melatih kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan tulang.Jika anda melakukan olahraga tersebut selama 24 minggu maka bisa mengurangi rasa nyeri, kaku, dan meningkatkan fungsi dari sendi dan tulang kamu.

 

– Yoga

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa yoga bisa meningkatkan kepdatan tulang belakang pada wanita. Bahkan jika anda melakukan olaharaga yoga tersebut secara rutin bisa meningkatkan kesehatan tulang tulang panggul, tulang belakang, dan tulang pergelangan tangan anda.

Dan ketiga tulang itu merupakan tulang yang sangat rentan untuk mengalami patah tulang. Tidak hanya itu yoga juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan, koordinasi, konsentrasi, dan ketangkasan tubuh sehingga bisa mencegah anda dari jatuh. Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

– Jalan cepat

Untuk menyehatkan tulang anda juga bisa melakukan olahraga jalan cepat terutama untuk wanita. Bahkan jika anda melakukan jalan kaki selama 4 jam dalam seminggu bisa menurunkan risiko patah tulang panggul hingga 41% dibandingkan dengan orang yang hanya berjalan kurang dari 1 jam setiap minggunya.

Jika anda tidak bisa berjalan dengan cepat maka sesuaikanlah kecepatan jalan anda dengan kemampuan. Berjalan merupakan olaharaga yang sangat disarankan untuk anda lakukan ketika menderita pengapuran tulang serta tidak harus membayar untuk melakukannya.  Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

– Golf

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa golf merupakan olahraga untuk orang tua. Padahal golf ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama pada bagian atas tubuh anda. Biasnaya ketika bermain golf anda akan banyak mengayunkan tangan, berjalan, atau bahkan berlari untuk mengejar bola anda. Kondisi tersbeut akan membuat panggul dan tulang belakang bekerja lebih keras.

– Lintas alam

Anda yang hobi berjalan dan berolahraga juga bisa meningkatkan kepadatan tulang, terutama tulang panggul anda. Anda mendapatkan manfaat yang lebih jika berjalan mendaki, atau menurun seperti ketika anda berjalan di pegunungan. Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

– Olahraga yang menggunakan raket

Anda juga bisa melakukan olahraga yang menggunakan raket untuk emningkatkan kepdatan tulang seperti tenis, squash, serta tenis meja. Pada saat anda memukul bola, maka hal tersebut akan melatih tulang di lengan dan pergelangan tangan anda. Sedangkan ketika anda berlari mengejar bola akan melatih tulang panggul dan tulang belakang anda.

Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh

Olahraga merupakan suatu kondisi dimana gerakan olah tubuh yang memebrikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Dan dibawah ini adalah beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut: Tanaman Herbal Untuk Pengapuran Tulang

  1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Jika anda melakukan olahraga secara rutin, maka bisa mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan olahraga bisa memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darag, meningkatkan tingkat kolestrol baik, dan menurunkan kadar kolestrol jahat. Dan meningkatkan kinerja jantung dalam emngalirkan darah.  Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

2. Mengendalikan diabetes

Selain itu olahraga juga bisa mengurangi lemak pada tubuh, sehingga hal ini bisa mencegah sekaligus mengendalikan diabetes tipe 2.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Jika lemak dalam tubuh anda berkurang, maka hal tersebut juga akan menurunkan tekanan darah pada anda yang sedang menderita hipertensi.

4. Mencegah nyeri punggung

Olahraga secara rutin juga bisa meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh sehingga bisa mencegah nyeri punggung. Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

5. Menangkal obesitas

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa olahraga secara teratur bisa mengurangi lemak didalam tubuh serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Bahkan jika olahraga disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai bisa membantu menurunkan berat badan serta mencegah terjadinya obesitas yang bisa memicu timbulnya berbagai jenis penyakit kronis.

6. Menunda keterbatasan fisik saat usia tua

Jika pada saat muda anda sering melakukan olahraga seperti berlari, aerobik dan lainnya. Kondisi tersebut bisa menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang lansia.

Meningkatkan kualitas hidup

Tidak hanya bisa meningkatkan fisik, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang, beberapa diantaranya sebagai berikut:  Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

  • Memperbaiki suasana hati

Pada saat anda merasa stress atau mengalami mood yang buruk setelah menjalani hari yang pebuh dengan tekanan. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa berjalan cepat selama 30 menit atau berlatih di pusat kebugaran yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati.

Hal ini dapat terjadi karena olahraga bisa menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang akan membuat anda merasa lebih bahagia dan santai.

  • Menumbuhkan kepercayaan diri

Bahkan dengan melakukan olahraga secraa teratur bisa membuat anda menjadi lebih percaya diri terhadap penampilan.  Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

  • Mengatasi stress

Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat mengurangi depresi dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stress.

  • Membuat tidur lebih nyenyak

Jika anda merasa sulit untuk tidur pada waktu malam hari atau kerap terbangun di tengah malam sehingga anda merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi kondisi tersebut anda bisa melakukan olahraga secraa teratur yang bermanfaat untuk membantu anda tidur lebih cepat dan nyenyak. Tapi anda harus hindari melakukan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.  Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

  • Mengembalikan gairah seksual

Apabila anda sering lelah atau merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuh ketika akan melakukan hubungan intim. Maka lakukanlah olahraga sceraa rutin yang bertujuan untuk mendorong semangat sekaligus mendapatkan tampilan tubuh yang lebih baik. Tidak hanya itu anda yang melakukan olahraga sceraa rutin juga bisa meningkatkan gairah pada wanita dan menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria.

  • Meninkmati waktu menyenangkan

Selain menyehatkan tubuh olahraga dan aktivitas isik juga merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Serta bisa membantu mempererat hubungan dengan keluarga dan teman ketika melakukannya bersama-sama.  Olahraga Untuk Pengapuran Tulang

 

post by: obatpengapurantulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *