Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

By | Agustus 25, 2018

Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

susu untuk pengapuran tulang sendi

susu untuk pengapuran tulang sendi

Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi – Ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui ciri-ciri atau gejala dari pengapuran tulang sendi sehingga mereka telat untuk mengobatinya.

Padahal penyakit tersbeut dapat mempengaruhi lebih dari sepertiga orang dewasa diatas usia 65 tahun. Untuk itu kita harus tahu atau mengenal ciri-ciri dan gejalanya terlebih dahulu. Pengapuran tulang dan sendi dalam ilmu kedokteran dikenal dengan osteoarthritis atau disingkat menjadi OA.  Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

Pada umumnya penyakit ini dapat terjadi ketika tulang rawan pada sendi mulai rusak akibat dari faktor usia atau memiliki aktivitas yang berat atau berlebihan.

Setiap manusia pasti memiliki tulang rawan yang strukturnya licin dan berfungsi untuk untuk menutupi ujung tulang dan memungkinkan hubungan antar tulang atau persendian untuk bergerak bebas terhadap satu sama lain.

Pada saat tulang rawan anda mengalami pengapuran maka struktur licinnya akan hilang dan digantikan dengan struktur keras yang disebabkan oleh proses pengapuran tulang sehingga akan terjadi kontak langsung antara tulang dengan tulang. Kondisi tersebut biasnaya akan menimbulkan rasa nyeri, sendi menjadi kaku, gerak yang terbatas, dan perubahan pada penampilan sendi. Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

Pengapuran tulang sendi ini bisa terjadi pada bagian tubuh maan saja, namun yang lebih sering terkena ialah bagian sendi tangan, pinggul, lutut, leher serta punggung bawah atau tulang belakang.

Biasanya gejala yang akan ditimbulkan oleh penyakit ini akan berbeda pada setiap penderitanya ada yang hanya mengalami sakit ringan dan pembengkakan. Dan ada juga yang dapat mengalami kerusakan sendi yang signifikan sehingga akan mempengaruhi kualitas hidupnya.

Apa saja gejala yang akan ditimbulkan oleh pengapuran tulang sendi?

  • Terjadinya kekakuan

Sebagian orang yang mengalami pengapuran tulang sendi akan merasakan gejala seperti kekakuan. Apalagi pada waktu pagi hari atau ketika sendi lama tidak digerakan. Pada saat anda mengalami kekuan maka sendi akan sulit untuk digerakan dan biasanya kondisi tersebut akan disertai dengan rasa nyeri.  Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

  • Timbulnya rasa sakit

Gejala umum yang terjadi ketika menderita pengapuran tulang dan sendi ialah timbulnya rasa sakit. Dan biasanya nyeri otot juga dapat terjadi pada jaringan sekitarnya. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa kekuan dan rasa sakit ini akan lebih terasa setelah tidur atau tidak melakukan gerakan.

Rasa sakit akan anda rasakan pada saat menggerakan sendi dan rasa sakit tersbeut akan menurun ketika beristirahat. Namun secaraa perlahan rasa sakit tersebut akan muncul emskipun anda tidak melakukan gerakan. Banyak faktor yang menyebabkan rasa nyeri pada abgian sendi diantaranya sebagai berikut:

-Tulang yang bergesekan satu sama lain

– Peradangan pada sendi

– Pertumbuhan tulang baru atau taji tulang

– Adanya saraf kejepit yang disebabkan oleh pembengkakan dan perpindahan dari jaringan sendi

  • Pembengkakan

Biasanya pembengkakan ini lebih sering terjadi pada orang yang menderita RA, namun terkadang juga bisa dialami oleh anda yang sedang mengalami pengapuran tulang sendi. Pembengkakan tersebut merupakan salah satu reaksi dari tubuh terhadap iritasi atau peradangan akibat kontak tulang dengan tulang pada sendi yang rusak. Keadaan ini juga akan memicu terjadinya kekakuan dan nyeri sendi.  Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

  • Kehilangan fleksibilitas dan range of motion

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa 80% orang yang menderita pengapuran tulang sendi akan memiliki beberapa gangguan dengan rentang gerak atau range of motion. Bahkan anda yang sedang menderita penyakit tersebut memrlukan bantuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti berpakaian, mandi, memakai sepatu, duduk dan berdiri dari kursi, naik tangga serta yang lainnya. Pengobatan Pengapuran Tulang Lutut Secara Alami

  • Taji tulang

Taji tulang merupakan proyeksi tulang kecil yang tumbuh, atau dalam dunia medis disebut dengan osteofit, dapat terjadi secara alami. Namun juga bisa menjadi respon terhadap peradangan sendi dan biasanya taji tulang ini akan dirasakan sebagai massa keras, yaitu benjolan kecil di sekitar sendi yang terkena pengapuran. Bahkan taji tulang ini dapat menyentuh atau bergesekan dengan syaraf dan tulang di dekatnya sehingga menyebabkan rasa nyeri.  Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

  • Kelelahan

Anda yang sedang menderita pengapuran tulang sendi biasanya akan mengerahkan semua tenaga dalam melakukan kegiatan seharihari. Kondisi inilah yang akan membuat anda menjadi kelelahan dan peradangan ini juga bisa menyebabkan keluarnya mediator kimia yang disebut sitokin.

  • Sendi yang berbunyi

Pada umumnya orang yang menderita pengapuran tulang sendi akan mendengarkan suara pada persendiannya ketika digerakan. Dan biasanya bunyi tersebut akan terdengar halus seperti suara gertakan serta suara ini diikuti dengan rasa nyeri atau tidak nyaman. Namun anda hartus segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami seperti yang di bawah ini:  Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

– Anda merasakan nyeri sendi yang berlangsung lebih dari tiga hari

– Munculnya rasa nyeri secara tiba-tiba tanpa penyebab yang pasti

– Pembengkakan parah pada sendi

– Kesulitan dalam bergerak

– Panas atau kemerahan pada kulit di area persendian

– Badan menjadi demam atau menurunnya berat badan yang tidak bisa dijelaskan

Untuk mengatasi kondisi tersebut anda bisa menggunakan susu sebagai obatnya, karena didalam susu terdapat zat-zat penting yang sangat dibtuhkan oleh tubuh terutama untuk tulang. Namun manfaat susu akan anda rasakan secara maksimal jika mengonsumsinya secara teratur.

Pada umumnya masyarakat mengonsusmi susu pada pagi hari yang akan memberikan nutrisi dan energi yang penting dalam melakukan kegitan sehari-hari. Dan dibawah ini adalah manfaat susu untuk kesehatan diantarnya sebagai berikut:  Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

  1. Menguatkan tulang

Umur yang terus bertambah juga akan mempengaruhi kekuatan tulang, namun ada sebagian orang yang menderita tulang rapuh pada usia yang masih tergolong muda yaitu 30 an.

Tulang rapuh tersebut bisa menyebabkan terjadinya pengeroposan. Anda bisa mengonsumsi susu secara rutin untuk mengatasi kondisi tersebut.

Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang tinggi didalam susu dapat meningkatkan kekuatan tulang sehingga akan terhindar dari gangguan yang berkaitan dengan tulang.

2. Membantu pertumbuhan

Setap manusia pasti akan mengalami pertumbuhan, namun terkadang tidak berlangsung dengan baik. Biasanya pada masa pertumbuhan ada yang berlangsung lancar dan ada juga yang terhambat.

Jika penghambatn tersbeut terjadi ketika proses pertumbuhan maka akan menyebabkan pertumbuhan yang lambat. Bagi anak-anak dan remaja yang sering mengonsumsi susu akan memiliki pertumbuhan tinggi badan yang baik.

Sehingga kandungan kalsium yang terdapat dalam susu tidak hanya bisa menguatkan tulang, namun juga membantu kinerja tulang untuk tumbuh secara maksimal.  Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

3. Menatralisir racun

Susu juga bisa menetralisir racun dalam tubuh yang berasal dari makanan yang anda konsumsi. Salah satunya ialah membersihkan paru-paru dari racun yang membandel.

Tidak hanya itu susu juga akan membantu tubuh untuk membuang racun yang disebbkan berbagai macam polusi yang terserap oleh tubuh melalui kulit, khususnya anda yang banyakj melakukan kegiatan di luar ruangan.

4. Memberikan energi

Bagi anda yang tidak mempunyai waktu untuk sarapan maka bisa mengonsumsi segelas susu di pagi hari sebagai pemberi energi untuk tubuh.

Hal ini sangat di srankan untuk anda lakukan terutama anda yang sibuk, sehingga susu bisa dijadikan sebagai sumber alternatif untuk memberikan energi terhadap tubuh. Tidak hanya itu susu juga memiliki manfaat untuk wanita yang sedang menstruasi, biasanya ketika menstruasi tubuh anda akan lemas dan gampang lelah dan hal ini akan mengganggu aktifitas. Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

5. Menjaga berat badan

Pada saat menjalani program diet biasanya orang akan meninggalkan susu, padahal susu yang rendah lemak bisa menurunkan berat badan lebih dari mereka yang tidak mengonsumsi susu.

6. Mempengaruhi kesuburan untuk mendapatkan sang buah hati

Bagi pasangan suami istri yang sedang menjalani program kehamilan, maka sangat di sarankan untuk menambahkan susu kedalam mebu makanan sehari-hari. Hal ini juga dinyatakan dalam sebuah penelitian bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak sekitar 25% akan lebih kecil untuk mengalami gangguan ovulasi dibandingkan dengan mereka yang lebih sdedikit meminum susu dalam seminggu.

7. Menyehatkan tubuh

Ternyata susu juga memiliki sifat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan risiko sroke. Hal ini dikarenkaan susu mampu mengurangi produksi kolestrol serta dapat bertindak sebagai antasida. Didalam susu juga terdapat kandungan vitamin Adan B yang bermanfaat untuk membantu membangun penglihatan yang baik.  Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

8. Mnegurangi stress

Minum susu di sore hari merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stress setelah penat seharian beraktivitas. Hal ini dikarenakan segelas susu hangat bisa membantu mengendurkan otot yang tegang serta menenangkan syaraf. Maka dari itu konsumsilah secara teratur ketika anda mengalami stress yang diakibatkan oleh aktivitas yang padat.

Manfaat susu lainnya

  • Dapat menghilangkan noda pada pakaian

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat susu yang satu ini ialah bisa menghilangkan noda tinta pada pakaian. Hal ini dapat terjadi karena didalam susu terdapat kandungan enzim, untuk menggunakannya anda hanya perlu memisahkan pakaian yang terkena noda setlah itu celupkan baju tersebut pada susu sebelum di cuci.

  • Menjadi kondisioner rambut

Susu juga bisa anda gunakan sebagai kondisioner karena didalamnya terdapat kandungan enzim pada susu serta protein nabati sehingga bisa merawat rambut secara alami. Untuk menggunakanny anda hanya perlu menuangkan 1/8 cangkir susu pada rambut setelah keramas lalu bilaslah dengan air hingga bersih.  Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

Menutup retakan porselen

Biasanya peralatan porselen yang ada di rumah bisa mengalami keretakan sehingga barang tersebut tidak terpakai bahkan sampai dibuang. Namun jika anda mempunyau porselen yang retak jangan dulu untuk membuangnya, karena anda bisa menggunakan susu untuk merekatkan porselen yang retak.

Yaitu dengan cara merendam porselen didalam susu, lalu panaskan hingga hangat setelah itu tunggulang hingga semalaman. Hal ini bisa dilakukan oleh susu karena didalamnya terdapat kandungan protein casein yang dapat menutup keretakan porselen.

Kandungan nutrisi didalam susu

Susu merupakan salah satu minuman sumber vitamin dan mineral yang baik, terutama kandungan kalsiumnya. Sehingga susu sangat baik untuk kesehatan tulang dan anda juga akan terhindar dari berbagai gangguan yang berhubungan dengan tulang.

Tidak hanya kaslium susu juga memiliki kandungan lainnya yaitu riboflavin, fosfor, vitamin A, dan B12. kalium dan magnesium serta seng.

Sehingga sejak dulu masyaraka menjadikan susu sebagai sumber asupan yang dapat menyempurnakan gizi untuk kebutuhan tubuh yaitu 4 sehat 5 sempurna. Maka dari itu susu sangat di sarankan untuk di konsumsi secara rutin karena manfaatnya yang penting untuk tubuh. Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

 

post by: obatpengapurantulang

 

One thought on “Susu Untuk Pengapuran Tulang Sendi

  1. Pingback: TANAMAN HERBAL UNTUK PENGAPURAN TULANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *